Panduan Merawat Ayam Aduan Pada Waktu Musim Hujan

Musim hujan serta musim kemarau yaitu hal yang tentu nya begitu lah seringkali berlangsung di Indonesia. Karena di daerah tropis cuma ada 2 musim yang sama-sama bertukaran di lokasi garis khatulistiwa.

Kelembab - an yang bertambah karena musim hujan, karena suhu udara yang rendah ditambah lagi bila keadaan hujan lebih tinggi. Berlainan dengan musim kemarau, keadaan musim hujan juga akan menyebabkan tentu telah juga akan buat kandang ayam juga akan jadi lembab bahkan juga kotor.
Karena hal itu pastinya akan memengaruhi sekitaran peternakan ayam seperti keadaan kandang, pakan ayam, air minum. Bahkan juga juga akan menghadirkan bibit bibit penyakit. Pada musim hujan penyakit juga akan gampang berkembang biak daripada ketika musim kemarau.

Karenanya, butuh perhatian lebih untuk kandang ayam aduan ketika musim hujan, pada perawatan itu tidak butuh cost yang mahal, lewat cara simpel ini anda telah dapat bersihkan ayam dari bibit – bibit penyakit yang siap menyerang ayam aduan yang paling disayangi anda.

Sebagian panduan ini dapat anda aplikasikan dalam bersihkan lingkungan kandang ayam anda pada musim hujan serta ayam aduan anda bebas dari penyakit.

• Pakan
untuk ayam dibawah 7 bln., berilah pakan berbentuk 1kg voer yang di campur dengan 2siung kunyit serta 2siung kencur. Lewat cara parutlah dulu kunyit serta kencur baru campur voer serta air di aduk rata. Berikalah pakan kombinasi itu pada malam hari terlebih bila dalam kondisi turun hujan serta cuaca dingin. Janganlah lupa untuk memberi penghangatan pada ayam ketika hujan turun.

• Bersihkan kandang ayam dengan rutin
Seperti yang telah kami terangkan diatas bahwasannya kuman serta virus juga akan berkembang biak ketika musim hujan, oleh karena itu begitu lah perlu untuk bersihkan kandang ayam supaya bebas dari bakteri. Bersihkan lah kandang ayam minimum 3 minggu sekali, karena kombinasi kotoran serta air hujan dapat mengakibatkan perkembangbiakkan bakteri 20x lebih cepat, sedang kandang ayam yang bersih serta tidak lembab juga akan menyusahkan bakteri berkembang biak secara cepat.

• Melindungi kebersihan Ayam
ayam yang bersih pasti juga akan buat ketahanan badan kuat juga, karena ketahanan badan yang rendah bisa mengakibatkan cepatnya virus masuk dalam badan ayam. Oleh karena itu perlunya memandikan ayam sehari-hari serta menjemur ayam dalam 1-3 jam sehari-hari pada pagi hari.

• tutup kandang ayam
Tutuplah kandang ayam ketika malam hari, karena suhu udara saat malam hari juga akan merasa begitu lah dingin, jadi sangat perlu tutup kandang ayam degan kain supaya angin malam serta dingin tidak bebas keluar masuk di kandang, namun pastikanlah ada juga udara yang dapat masuk dalam kandang.

• Memberi ayam multivitamin
pada musim hujan, ketahanan badan ayam begitu lah butuh anda cermati supaya ketahanan badan ayam tidak alami penurunan. Pemberian supplement serta multivitamin sangat di butuhkan terkecuali memberi vaksin.

• memberi Ramuan jamu tradisionil
Terkecuali dari multivitamin serta vaksin anda harus juga memberi ramuan jamu tradisionil seperti jahe yang sangat menolong dalam memberi penghangatan pada badan ayam dalam musim hujan, langkah memberi keayam dengan cukup memberi parutan jahe serta campur ke pakan ayam serta beri kea yam 2 hari sekali.

• Kebersihan dari air minum ayam
Terkecuali dari makanan yang anda butuh cermati yaitu air minum dari si ayam. Janganlah dibiarkan ayam meminum air dengan kombinasi air hujan karena air itu belumlah pasti steril. Air yang terkontaminasi kuman juga akan cepat di serap badan ayam serta juga akan meyebar ke pada badan ayam bila ayam meminum air itu.
Sekian lah artikel ini bertulis mengenai Panduan Merawat Ayam Aduan Pada Waktu Musim Hujan mudah-mudahan dengan artikel ini bisa menolong anda dalam merawat ayam aduan yang paling disayangi anda.